Tuesday, January 22, 2013

Objek Grafik 2 Dimensi


Objek grafik 2 dimensi adalah sekumpulan titik-titik 2 dimensi yang dihubungkan dengan garis lurus, baik berupa polyline, polygon atau kurva. Objek grafik 2 dimensi didefinisikan sebagai kumpulan titik 2dimensi yang secara komputasi dinyatakan sebagai array 1D, atau linkedlist sesuai dengan struktur data yang digunakan dalam menyatakan kumpulan titik 2D ini. 
Objek grafik dimensi juga adalah gambar 2 dimensi yang  sumbu x dan sumbu y, atau sumbu koordinat cartesius dua dimensi. Dua sumbu yang saling bertegak lurus antar satu dengan yang lain, yang keduanya terletak dalam satu bidang (bidang xy).

Sedangkan Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut sebagai grafik vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi matematika, dan sebagainya. Komponen-komponen ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan dilatasi. 

Model-model yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan, bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun demikian, mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).

Macam-Macam objek 2D :

  • Line
  • Circle
  • Arc
  • Polygon
  • Text
  • Section
  • Rectangle
  • Ellips
  • Donut
  • Star
  • Helix

Dari macam-macam objek 2d ini saya akan membahas 3 macam:

Circle



Circle atau lingkaran adalah object 2 dimensi yang memiliki ukuran diameter dan jari-jari. Circle atau lingkaran merupakan kumpulan titik-titik yang tak berhingga dan saling berhubung.






Line


Objek line/garis adalah objek salah satu 2 dimensi yang sangat mendasar dan sering digunakan untuk perancangan gambar kerja. Line berasal dari 2 titik yang saling terhubung.




Polygon


Polygon adalah suatu fungsi yang mirip dengan polyline, hanya sajahasilnya adalah kurva tertutup. Pada polygon digunakan konsep array dalam menyatakan objek 2D sebagaikumpulan titik 2D. Polygon digunakan untuk merepresentasikan objek-objek duadimensi.
Read More

Monday, January 21, 2013

Primitive Drawing

Primitive Drawing merupakan cara mudah untuk menggambar pada layar monitor menggunakan teori geometri sederhana. Macam-macam primitive drawing seperti menggambar sebuah titik, garis, atau gabungan antar keduanya. 

Grafika Komputer berawal dari primitif-primitif dasar grafis (titik, garis, lingkaran dll) yang mendeskripsikan objek-objek yang kemudian akan membentuk suatu citra dua dimensi maupun tiga dimensi. 

Jika dipandang sebagai bitmap (BMP) dalam citra, maka gambar tersebut direpresentasikan sbg :









Tapi jika di pandang sebagai vektor dalam grafik, maka gambar tersebut direpresentasikan sbg :

1. Cara pertama : (3,Timur),(4,Selatan),(3,Barat),(4,Utara).
Kelemahan : kita tidak dapat menentukan titik asal dari vektor.

2. Cara kedua : [(0,1),(0,3)], [(0,3),(4,3)], [(4,3),(4,1)], [(4,1),(0,1)]
Dengan cara ini, maka kita mengetahui titik asal dan tujuan sehingga kita dapat memperoleh arah dan besar dari vektor tersebut.

Arah = tan-1[(Y2-Y1)/(X2-X1)]                       Besar = Ö (X1-X2)2 + (Y1-Y2)2

3. Cara ketiga : Menggunakan informasi atribut segi empat. [(0,1),(4,3)] atau (0,1,4,3) Jika ada suatu gambar yang terdiri dari grafik dan area dapat diisi dengan warna tertentu, maka itu disebut grafik juga. Intinya grafik adalah gambar yang koordinatnya dapat diubah

Berikut akan Saya share script tentang primitive drawing (membuat Titik) dalam Bahasa Java


import java.awt.Color;
import java.awt.Dimension;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.Insets;

import javax.swing.JPanel;
import javax.swing.JFrame;

import java.util.Random;

public class Points extends JPanel {

  public void paintComponent(Graphics g) {
      super.paintComponent(g);

      Graphics2D g2d = (Graphics2D) g;

      g2d.setColor(Color.blue);

      Dimension size = getSize();
      Insets insets = getInsets();

      int w =  size.width - insets.left - insets.right;
      int h =  size.height - insets.top - insets.bottom;

      Random r = new Random();

      for (int i=0; i<1000; i++) {
          int x = Math.abs(r.nextInt()) % w;
          int y = Math.abs(r.nextInt()) % h;
          g2d.drawLine(x, y, x, y);
      }
  }

  public static void main(String[] args) {

      JFrame frame = new JFrame("Points");
      frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
      frame.add(new Points());
      frame.setSize(250, 200);
      frame.setLocationRelativeTo(null);
      frame.setVisible(true);
  }
}

Output


Read More

Materi Grafika Komputer

Materi - materi Grafika Komputer yang akan Kita Bahas Adalah

Grafika 1

Grafika 2
  • Z-Order dan Z-buffer
  • Morphing
  • Color Map
  • Texture Map
  • Curve
  • Camera View
  • Tranformasi Geometri 


Read More