Transformasi 3D pada dasarnya hampir sama dengan transformasi 2D, hanya pada 3D kita menghitung sumbu Z. Sama seperti pada 2D, ada tiga transformasi dasar yang dapat dilakukan terhadap verteks, yaitu:
- Translasi.
- Pensekalaan.
- Rotasi.
Q = P * M + tr
Dimana:
Q: (Qx, Qy, Qz) menyatakan matrix 1x3 yang berisi titik hasil transformasi.
P: (Px, Py, Pz) menyatakan matrik 1x3 yang berisi titik yang akan ditransformasi.
tr: (trx, try, trz) menyatakan matriks 1x3 yang berisi banyaknya pergeseran sumbuk x,y, z.
M: Matriks transformasi berukuran 3x3 seperti berikut
Translansi
Translasi dilakukan dengan menggunakan matriks sebagai berikut:
Scalling (Penskalaan)
Penskalaan dilakukan dengan mengisi tr = (0,0,0) dan matriks M diatur seperti beikut.
Rotasi
Berbeda dengan rotasi di 2D yang menggunakan titik pusat(0,0) sebagai pusat perputaran,
rotasi 3D menggunakan sumbu koordinat sebagai pusat perputaran. Dengan demikian ada 3
macam rotasi yang dapat dilakukan, yaitu:
- Rotasi terhadap sumbu X
- Rotasi terhadap sumbu Y
- Rotasi terhadap sumbu Z
Rotasi terhadap sumbu X, Y, dan Z diperlihakan seperti pada gambar berikut
Mengingat ada 3 buah sumbu rotasi maka matriks transformasi yang digunakan juga bergantung kepada sumbu putar. Adapun isi masing-masing transformasi sesuai dengan sumbu putar didefinisikan sebagai berikut.
2 komentar
Rotasi terhadap sumbu z nya ada salah dikit
saya kurang paham, tolong scriptnya saja umtuk membuat kubus 3 dimensi pakai delphi 7
EmoticonEmoticon