Sunday, January 20, 2013

Pengantar JST (Jaringan Saraf Tiruan)


Jaringan Syaraf Tiruan (JST) atau dalam bahasa inggris disebut Artificial Neural Networks (ANN) adalah sebuah metode yang sering diterapkan untuk teknik optimasi atau pengenalan pola (pattern recognition) dalam usaha untuk memecahkan suatu permasalahan. 

JST adalah salah satu metode yang termasuk dalam beberapa metode yang sudah diperkenalkan dalam bidang Soft Computing (SC). 

JST adalah suatu arsitektur jaringan yang terinspirasi oleh sistem kerja syaraf manusia (otak) dalam melaksanakan tugas. Para ilmuwan terinspirasi dengan sistem kerja otak yang mampu menangani berbagai permasalahan mulai dari yang sederhana sampai permasalahan yang kompleks dimana sebuah kemampuan learning yang efektif sangat dibutuhkan. Otak manusia dipenuhi selsel yang disebut neuron yang terhubung satu dengan yang lain. Manusia dewasa memiliki sekitar 100 milyar sel syaraf dan setiap sel syaraf terhubung dengan sekitar seribu hingga seratus ribu sel syaraf yang lain (sumber Tettamanzi.A, Tommasini.M, 2001, “Soft Computing”, Germany). Sistem syaraf yang sangat rumit ini mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi manusia. Sebagai contoh, manusia mampu mengenali sesuatu hanya dengan mendengar suaranya saja, atau hanya dengan melihat sebagian saja dari objek (informasi tidak lengkap). Kemudian, otak mempunyai “memori” yang mampu dibangkitkan kembali utuk mengenali objek-objek yang telah lalu.


EmoticonEmoticon